Cara Menjadi Anak Baik dan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Anak Baik

caramenjadi.id - Cara menjadi anak yang baik dan berbakti kepada kedua orang tua adalah topik yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Saya mengira yang mencari artikel ini adalah seumuran anak-anak dan remaja. Oleh karena itu saya gunakan bahasa aku dan kamu untuk berinteraksi dalam artikel ini.
Menjadi anak baik dan berbakti kepada kedua orang tua adalah impian semua anak. Kebaikan dan baktinya kepada kedua orang tua adalah langkah untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan mendapatkan surga di akhirat. Jika kamu ingin menjadi anak baik dan berbakti maka aku akan memberikan tips agar kamu bisa mewujudkan hal itu.
Anak yang baik adalah anak yang disukai oleh banyak orang, baik teman sepermainannya, adik kelasnya, kakak kelasnya, maupun orang tuanya. Sedangkan anak yang berbakti adalah anak yang melayani dan menuruti perintah orang tuanya terkecuali jika perintahnya berupa keburukan.
Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan julukan anak baik dan berbakti?
Berikut ini adalah tips untuk menjadi anak baik dan berbakti kepada kedua orang tua.
Suka Menolong
Menolong adalah sikap yang baik, terlebih lagi jika orang yang ditolong sedang kesusahan, tentu akan membuat orang lain empatik dan akan mengenangmu semasa hidupnya. Menurut hukum sebab akibat, menolong orang lain maka suatu ketika akan ditolong oleh orang lain ketika membutuhkan.
Rajin Belajar
Belajar akan membuatmu menjadi pintar dan cerdas. Dengan belajar yang rajin, kamu akan mampu memahami setiap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Di kelas juga disukai banyak teman. Suka karena suka dengan kecerdasannya atau suka karena cinta. Saat ujian kamu juga akan santai karena sudah belajar. Hasil dari ujian juga akan membanggakan orang tua.
Jadi sempatkan untuk belajar setiap hari. Tak perlu lama-lama, cukup 2-3 jam saja perhari. Tapi harus fokus ya, tidak sambil mainan hp ataupun memikirkan si doi. Hehe.. Jika bisa rajin belajar, percaya deh, pasti akan menjadi anak yang baik.
Sapa Senyum Salam
Menyapa teman akan membuat senang teman. Mereka akan merasa dihargai dan dianggap ada. Senyum dapat menghilangkan segala hal negatif. Senyum bisa membuat teman merasa nyaman dan merasa bersahabat. Salam adalah doa. Ketika memberi salam kepada teman berarti artinya mendoakan teman. Salam bisa membuat ikatan jiwa semakin erat, karena pada hakikatnya salam adalah saling menjaga.
Membantu Orang Tua
Membantu adalah sikap yang baik. Membantu orang tua bisa meringankan beban orang tua. Contoh membantu orang tua adalah menyapu, mencuci pakaian, membantu masak, bersih-bersih rumah dst. Membantu orang tua akan membuat orang tua senang karena merasa terkurangi bebannya. Dan lebih senangnya lagi karena melihat anaknya mempunyai sifat baik, hatinya merasa tentram.
Menuruti Nasihat dan Perintah Orang Tua
Ketika orang tua memberikan nasihat, maka didengarkan dengan baik walaupun mungkin terkadang membuat hatimu sakit. Nasihat orang tua adalah tanda sayang pada anaknya. Anak yang mau menuruti nasihat orang tua akan lebih disayangi orang tua.
Jika orang tua membutuhkan bantuan, tolonglah dengan hati yang riang. Orang tua tidak akan menyuruh anaknya ketika ia bisa melakukannya sendiri. Orang tua yang meminta bantuan karena mereka tidak bisa melakukannya sendiri, entah karena sedang sibuk ataupun memang tidak bisa melakukannya. Membantu orang tua akan membuat hati orang tua menjadi tentram. Maka orang tua akan ikhlas dan ridho pada anaknya.
Mendoakan Orang Tua
Mendoakan orang tua adalah salah satu tanda-tanda anak sholih (berbakti kepada orang tua dan Tuhannya). Tanda kasih sayang terbesar adalah doa. Doa adalah sesuatu yang luar biasa karena ia datang dari dalam hati seseorang. Ketika anak mendoakan orang tuanya berarti anak tersebut sangat sayang dengan orang orang tuanya.
Doa juga membuat segala hal menjadi indah. Doa bisa membuat orang yang susah menjadi bahagia, yang sakit menjadi sehat, yang biasa menjadi luar biasa, dst. Maka itu kenapa doa dikatakan sebagai wujud kasih sayang tertinggi dari manusia untuk manusia lainnya.
* * *
Beberapa tips di atas jika dilakukan dengan baik, maka kamu akan menjadi anak yang baik dan berbakti kepada kedua orang tua. Adakah tips lain selain yang tersebut di atas?


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment