Cara Menjadi Anak Jenius dan Pintar di Semua Pelajaran

Cara Menjadi Anak Pintar dan Jenius di Semua Pelajaran
caramenjadi.id - Cara menjadi anak jenius dan pintar di semua pelajaran adalah judul spesial dari artikel yang ada di blog ini. Artikel ini akan merubah midset, atau cara berpikir pembaca, dari cara berpikir yang pragmatis menuju cara berpikir realistis. Relax-kan pikiran terlebih dahulu sebelum lebih dalam membaca artikel ini.

Cara Menjadi Anak Jenius dan Pintar di Semua Pelajaran

Beberapa pembahasan yang akan saya bahas di artikel kali ini adalah sebagai berikut :
  1. Cara Menjadi Anak Pintar Tanpa Belajar
  2. Cara Agar Menjadi Pintar Semua Pelajaran
  3. Cara Menjadi Pintar dan Jenius
  4. Cara Menjadi Pintar Matematika
  5. Cara Menjadi Pintar dalam Sekejap
  6. Cara Membuat Otak Cerdas dalam Waktu Singkat
  7. Cara Menjadi Orang Pintar Berbicara
  8. Cara Menjadi Orang Pintar Menurut Islam

Cara Menjadi Anak Pintar Tanpa Belajar

Belajar adalah proses menerima pengetahuan dari luar yang kemudian dicerna melalui pikiran dan melalui otak sebagai penyaring dari pengetahuan yang masuk apakah diterima atau ditolak. Belajar tidak melulu harus sekolah, membaca buku, dan mendengarkan ceramah guru dsb. Belajar bisa juga berupa melihat sesuatu kemudian ditiru.

Misalnya anak menirukan gerakan ataupun ucapan yang dilakukan ayahnya. Melihat apa yang diucapkan adalah proses belajar, dan menirukan adalah hasil dari belajar.

Contoh lain, anak kecil yang menirukan gerakan yang dilakukan oleh aktor dalam film yang ditontonnya. Melihat adalah proses belajarnya, menirukan gerakan adalah hasil dari belajarnya (pintar).

Jadi, pintarnya anak adalah hasil dari proses belajar (belajar dalam arti yang sebenarnya). Namun jika Anda menganggap belajar adalah berangkat sekolah, ikut les, dsb tentunya bisa saja pintar tidak harus belajar karena definisi belajarnya adalah sekolah formal.

Banyak sekali teknik-teknik pembelajaran yang bisa kita dapatkan terkait cara menyampaikan materi kepada anak. Diantaranya adalah dengan melalui game sederhana, dan mainan. Ini akan menarik perhatian anak dan lebih cepat pahamnya dibandingkan harus belajar dengan membaca atau sekolah mendengarkan ceramah dari guru.

Cara Agar Menjadi Pintar Semua Pelajaran

Bagi seorang pelajar, pintar di semua pelajaran adalah hal yang keren. Dengan menguasai banyak pelajaran akan menjadi bintang kelas dan dikenal siswa lainnya. Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya tidak mudah, atau hampir tidak mungkin kecuali anak super.

Namun jangan berkecil hati. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin jika kita mau mengusahakannya. Disini saya berikan tips agar bisa pintar di semua pelajaran. Setidaknya ada 4 tips yang bisa diikuti. Berikut ini tipsnya.

1. Mempunyai jadwal untuk belajar

Jadwal belajar adalah sebagai pembatas antara saat sekolah, bermain, dan belajar. Adanya jadwal untuk belajar maka akan meringankan beban anak, dan ketika sedang belajar anak akan fokus karena ia tahu bahwa jadwalnya adalah untuk belajar.

Menurut Dedi Corbuzier, ia mewajibkan anaknya (Azka) untuk belajar 2 jam setiap hari. Dan dari hasil belajar tersebut Azka selalu mendapatkan prestasi yang bagus di sekolahnya. Cerita lain disampaikan oleh seorang ibu, ia mengatakan anaknya belajar pada pagi hari sebelum subuh setiap hari dan anak tersebut mendapatkan peringkat 1 paralel di sekolahnya.

2. Belajar dengan Konsisten

Konsisten adalah kunci dari kesuksesan. Cerita di atas adalah bukti dari sebuah proses yang dilakukan secara terus menerus (konsisten). Andaikan satu hari anggap saja belajar 2 materi, maka dalam satu tahun sudah mengantongi lebih 600 materi (anggap saja tanggal merah libur belajar). Untuk ukuran anak sekolah, ini sangat luar biasa, bisa dipastikan 80% berhasil meluluskan ujian dengan nilai yang bagus.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena hasil dari konsisten dalam belajar. Adanya jadwal adalah untuk memfokuskan, adanya konsisten adalah untuk membentuk budaya yang lebih baik. Dengan konsisten berarti anak sudah belajar tentang kedisiplinan. Kedisiplinan juga termasuk salah satu faktor kesuksesan dalam belajar.

3. Jadilah yang Terbaik

Ketika melihat siswa lain mendaptkan nilai yang tidak baik, maka berpikirlah untuk menjadi lebih baik dari siswa lain. Ketika melihat siswa lain yang mendapatkan nilai baik, berpikirlah untuk mengalahkannya dengan mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.

Bagi orang tua, tentunya reward dan punishment adalah cara yang tepat untuk memunculkan pikiran semacam ini, jika anak tidak tergerak ketika hanya melihat nilai temannya.

4. Berdoa dan patuh pada orang tua

Setelah melakukan usaha dengan membuat jadwal belajar, konsisten belajar, berpikir untuk menjadi baik, maka langkah yang terakhir adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan meminta restu orang tua agar aura positif muncul dalam hati.

Bagi orang tua untuk terus men-support anaknya, mengawasi, dan mencontohkan yang baik serta merestui segala hal positif yang dilakukan oleh anak. Itulah cara agar pintar di semua pelajaran.

Cara Menjadi Pintar dan Jenius

Semua orang dilahirkan menjadi orang yang pintar dan jenius. Namun setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk belajar dan memahami sesuatu. Ada yang belajarnya harus dengan membaca (learning by reading), ada yang belajarnya lebih suka dengan mendengarkan (learning by hearing), dan ada yang belajarnya harus langsung praktek (learning by doing).

Kepintaran dan kejeniusan orang juga berbeda-beda. Ada yang jenius dalam hal IQ, ada juga yang lebih menonjol EQ nya, dan juga ada yang jenius dalam hal SQ.

Jadi jangan disamakan satu orang dengan orang lainnya. Namun jangan berkecil hati. Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ bisa dilatih yaitu dengan belajar. Dan belajarnya pun bisa disesuaikan dengan cara belajarnya masing-masing.

Cara menjadi orang yang jenius dan pintar adalah melalui belajar yang metode belajarnya disesuaikan dengan kenyamanan setiap individu.

Cara Menjadi Pintar Matematika

Matematika adalah ilmu pasti. Maka dalam mempelajarinya pun harus mengetahui konsep dasarnya. Cara termudah untuk pintar matematika adalah mempelajari konsep-konsep dan rumus-rumus matermatika. Dari yang mudah hingga yang terlihat susah.

Diantara konsep dasar matematika adalah perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Konsep dasar harus diketahui, dan bila perlu dihafalkan perhitunangan 1-100. Sedangkan rumus adalah hal yang lebih fleksibel. Rumus adalah cara untuk memecahkan suatu masalah matematika secara sederhana dalam waktu cepat dan hasilnya akurat.

Setiap orang bisa saja menggunakan rumusnya masing-masing, namun jika belum bisa menemukan rumus sendiri bisa menggunakan rumus yang sudah ditemukan oleh para pakar matematika. Rumus ini adalah hal yang paling penting untuk diketahui dan lebih bagus lagi jika dihafal.

Selain itu, penalaran juga dibutuhkan dalam matematika. Cara menumbuhkan kemampuan penalaran adalah dengan melakukan latihan dan berlatih berfikir dari masalah-masalah sederhana. Penalaran dibutuhkan untuk menjawab soal cerita. Sebelum mengerjakan soal matematika, dalam soal cerita harus mencari angka yang terdapat di dalam cerita tersebut dengan menalar cerita.

Untuk menjadi pintar matematika setidaknya mengetahui konsep dasar, menghafal rumus, dan berlatih untuk menalar.

Cara Menjadi Pintar dalam Sekejap

Kepintaran tidak bisa terwujud secara spontan tanpa proses. Orang yang pintar justru cenderung banyak tidak tahunya dibandingkan dengan orang yang bodoh. Orang pintar akan menjawab pertanyaan yang ia ketahui jawabannya saja, sedangkan orang bodoh akan menjawab semua pertanyaan karena ia tidak tahu jika jawaban yang disampaikan adalah salah.

Orang akan pintar apabila mau belajar, baik belajar secara formal dibangku sekolah, ataupun belajar dari pengalaman yang kadang tak diketahui orang. Jika ada orang tiba-tiba pintar, berarti perlu ditanyakan apakah ia bodoh, atau kesurupan. Hehe..

Cara Membuat Otak Cerdas dalam Waktu Singkat

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa setiap orang mempunyai kecerdasan masing-masing, dan setiap orang mempunyai cara belajar masing-masing. Ketika ia menggunakan cara belajarnya maka akan cenderung lebih menerima materi yang dipelajarinya, namun apabila ia salah menggunakan metodenya, maka ia akan kesusahan dalam menerima materi yang dipelajarinya.

Jadi untuk menjadi cerdas dalam waktu singkat adalah dengan cara merubah metode belajarnya, dari metode yang menyusahkan, menjadi metode yang menyenangkan.

Cara Menjadi Orang Pintar Berbicara

Masalah berbicara setiap orang pasti pintar. Namun semuanya mempunyai tempat masing-masing. Ada yang pintar berbicara hanya jika bersama teman-temannya, ada yang pintar berbicara di depan orang banyak (public speaking), dan ada juga yang pintar berbicara ketika ia sedang sendirian (dialah orang gila hehe..).

Jika yang dimaksud adalah pintar berbicara, maka semua orang pasti pintar berbicara minimal dengan dirinya sendiri. Namun jika yang dimaksud adalah pintar berbicara di depan orang banyak, misalnya di panggung yang ditonton banyak orang. Maka harus ada proses belajarnya.

Untuk pintar public speaking maka dibutuhkan sebuah latihan. Latihannya pun secara bertahap, dari mulai berbicara di depan kelas, hingga berbicara di panggung yang audiennya adalah para presiden. Semuanya itu harus melalui proses belajar setahap demi setahap.

Berikut ini langkah mudah untuk melatih public speaking yang bisa diikuti.
  1. Bertanya di kelas ketika diberi kesempatan oleh pengajar.
  2. Presentasi di kelas.
  3. Mengikuti organisasi
  4. Menjadi moderator dalam sebuah diskusi.
  5. Menjadi narasumber/pemateri dari sebuah kegiatan. 
  6. Dst. 
5 langkah tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan skill public speaking bagi yang melakukannya.

Cara Menjadi Orang Pintar Menurut Islam

Dalam Islam menjadi orang pintar adalah sebuah kewajiban. Pintar disini adalah mengetahui secara mendalam dari ilmu yang wajib diketahui dan dipraktekkan, yaitu tentang tauhid, ibadah, muamalah.

Maka dalam Islam banyak hadist yang menerangkan tentang pentingnya menuntut ilmu, diantara haditsnya adalah tentang mencari ilmu itu dari sejak dalam kandungan sampai liang lahat. Artinya kepintaran hanya bisa didapat dengan cara belajar, menuntut ilmu semasa hidup manusia.

Demikianlah Cara Menjadi Anak Jenius dan Pintar di Semua Pelajaran. Saya kira dengan selesainya membaca ini Anda akan lebih mudah mendapatkan kepintaran di semua pelajaran. Masih adakah tips lain selain tips yang sudah saya sampaikan di atas?


Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

No comments:

Post a Comment