Cara Menjadi Sahabat yang Baik dan Bikin Nyaman Teman

Sahabat Berpelukan
caramenjadi.id - Di kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang cara menjadi sahabat yang baik dan bikin nyaman teman. Dalam perkembangannya sahabat diartikan berbeda dari bentuk asalnya. Sekarang, sahabat diartikan sebagai teman baik yang selalu mnemani saat suka maupun uka.

Saabat adalah orang kepercayaan yag bisa dijadikan tempat untuk bersandar kala masalah datang bertubi-tubi. Sahabat adalah dia yang tak peduli perkataan orang lain tentang kejelekanmu, ia selalu setia menemanimu tanpa pamrih. Namun arti dari sahabat itu sendiri sebenarnya adalah orang yang kita temui.

Kita mengambil referensi dari sejarah masa lalu yaitu pada masa Rasulullah SAW. Yang dikatakan sebagai sahabat Nabi adalah orang yang hidup pada zaman Rasul dan pernah bertemu dengan Rasulullah SAW. Jadi makna sebenarnya dari sahabat adalah orang yang kamu temui dimanapun kau berada.

Sahabat tak harus yang bersikap baik. Namun sahabat juga ada yang sifatnya tidak baik. Maka ketika kita melihat definisi sahabat yang sekarang,berarti sama artinya sebagai sahabat yang baik pada masa Rasulullah SAW. Jadi sahabat bukan saja orang yang baik yang mau menemani di saat duka dan suka saja melainkan juga orang yang menyakiti hati kita bisa termasuk sahabat.

Cara Menjadi Sahabat yang Baik dan Bikin Nyaman Teman

Baiklah, mari kita bahas tentang cara menjadi sahabat yang baik dan bikin nyaman teman. Silakan yang bacanya mau sambil minum kopi dipersilakan.

Melindungi

Sahabat yang baik selalu melindungi sahabatnya sendiri. Bahkan ia rela untuk menahan pedihnya kehidupan demi melindungi sahabatnya. Hal semacam ini bisa ditemukan di sejarah masa lalu, Abu Bakar Assiddiq adalah seorang sahabat yang paling setia. Dalam riwayat cerita disebutkan bahwa ketika Nabi SAW bersama Abu Bakar hendak berhijrah, mereka menginap di gua tsur.

Saat berjaga, Abu Bakar R.A melihat ada seekor ular yang akan keluar dari tempat persembunyiannya, sedangkan Rasul SAW sedang tertidur. Di saat yang demikian Abu Bakar A.S langsung menutupi lubang tersebut, dan secara terpaksa ular itu menggigit kaki Abu Bakar hingga berdarah karena ia telah merindukan Rasulullah SAW sejak lama. 

Mengingatkan dan Menasihati

Mengingatkan adalah cara yang mudah untuk menghentikan perilaku tidak baik yang dilakukan oleh sahabat. Sedangkan menasihati adalah cara untuk mencegah sahabat sebelum melakukan atau telah melakukan hal yang kurang sesuai sebelum melakukannya kembali. 

Sahabat yang baik tidak menyalahkan dan memperolok perbuatan sahabatnya yang tidak baik akan tetapi mengingatkan dan menasihatinnya dengan baik. Sahabat yang baik juga akan melihat situasi ataupun momen yang tepat untuk mengingatkan dan menasihati. Hal tersebut karena tak lain agar sahabat yang diingatkan dan dinasihati tidak merasa malu, misalnya dinasihati saat ada banyak orang, ini akan menurunkan harkat dan martabat sahabatnya, jika perbuatan menyimpang yang dilakukan sahabat adalah bagian dari aibnya. 

Menjaga Aib

Aib adalah sesuatu hal tidak baik yang ada pada diri seseorang dan  jika diketahui oleh orang lain maka orang yang mempunyai aib tersebut akan malu dan merasa harkat martabatnya turun. Terbongkarnya aib bisa menjadikan seseorang menjadi dijauhi oleh banyak orang dan menurunkan kepercayaan orang lain terhadap sipemilik aib tersebut. 

Sahabat yang baik akan menjaga aib sahabatnya sendiri karena dengan menjaga aib akan terhindar dari fitnah dan dapat menjaga nama baik sahabatnya sendiri. Membongkar aib sahabat sama dengan menghancurkan hidup sahabat. Maka menjaganya adalah sebuah kebaikan bagi seorang sahabat. 

Menolong dan membantu Tanpa Pamrih

Menolong adalah sesuatu yang sangat mendesak dan bisa menyebabkan seseorang celaka. Membantu adalah meringankan beban orang lain yang kesusahan. Maka sahabat yang baik adalah sahabat yang menolong dan membantu tanpa menginginkan suatu imbalan apapun. Ia menolong dengan ikhlas dan bahkan senang hati. 

Menolong dan membantu adalah cinta. Sahabat yang melakukan hal itu berarti menandakan bahwa sahabat tersebut mencintai sahabatnya, artinya ia sayang tanpa pamrih juga tanpa meninggalkan kesan merendahkan. Niatnya tulus dan ikhlas. 

Memberi Dukungan Terhadap Hal yang Positif

Dukungan ke arah positif akan menimbulkan sebuah hasil yang positif. Dukungan terhadap hal negatif akan menimbulkan sebuah hasil yang negatif pula. Seorang sahabat yang baik tidak menyukai hal negatif yang dilakukan oleh sahabatnya. Ia lebih suka pada hal baik yang dilakukan sahabatnya. 

Seorang sahabat yang baik akan selalu men-support apapun hal baik yang dilakukan oleh sahabatnya sendiri. Impian dan cita-cita sahabatnya akan selalu didukung walaupun terkadang tidak masuk akal. Sahabat selalu mengusahakan untuk percaya pada pemikiran sahabatnya sendiri, terlebih lagi pemikiran positif yang bersifat membangun. 

* * * 

Beberapa poin di atas merupakan cara yang umum dilakukan oleh seorang sahabat yang baik, kita bisa melihat point point tersebut adalah sebuah kebaikan, maka sahabat yang baik umumnya juga akan melakukan hal tersebut. 


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment