Cara Menjadi Desain Grafis Otodidak Bagi Pemula

Desain Grafis Otodidak
caramenjadi.id - Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang cara menjadi desain grafis ototidak untuk pemula. Maksud dari judul ini desain grafis bukanlah seninya, melainkan orangnya. Jadi mungkin sebenarnya desainer grafis lebih tepatnya. Mungkin ya, karena saya sendiri kurang begitu paham dengan istilah-istilah teknisnya.

Yang terpenting adalah prakteknya. Pinter teori belum bisa praktek, pinter prakterk juga belum tentu pinter teori. Maka dalam dunia desain grafis alangkah lebih bagus bisa prakteknya daripada cuma bisa teorinya. Teori tak akan pernah terwujud tanpa praktek, sedangkan praktek akan kesusahan jika belum mengenal teori. Namun tanpa teori, praktek akan lebih lama.

Cara Menjadi Desain Grafis Otodidak Bagi Pemula

Disini akan dibahas tentang menjadi desainer grafis secara otodidak tetapi lebih cepat tanpa sekolah.

Mempunyai Alat Tempur

Alat tempur yang dimaksud adalah peralatan yang wajib ada karena jika tidak ada maka tidak akan bisa berlatih menjadi desainer. Alat tersebut adalah laptop/PC dan aplikasi desainnya misalkan coreldraw ataupun photoshop.

Usahakan untuk mempunyai sendiri karena untuk mempercepat proses belajarnya. Dengan mempunyai peralatan sendiri akan menghemat waktu dan bisa mengatur jadwal sendiri. Berbeda jika meminjam teman atau menggunakan pc warnet, maka akan membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Mau Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Maka apapun yang sedang dipelajari, kamu harus membacanya. Terlebih lagi ini adalah belajar desain grafis, tentunya akan kesulitan jika tidak mau membaca.  Dengan membaca akan menambah wawasan di pikiran.

Apa yang perlu dibaca?

Tentunya materinya terkait dengan desain grafis. Kamu bisa membaca di website-website yang membahas tentang desain grafis. Atau kamu bisa membeli buku tutorialnya. Biasanya kalau buku akan lebih bagus dalam hal materi dasar, dan untuk pengetahuan lanjutan lebih bagus belajar di website-website yang ada di google.

Mencoba Sebisanya dan Semaksimalnya

Desain grafis adalah seni. Setiap orang mempunyai cara tersendiri. Dengan mencoba mempraktekkan maka akan mengetahui fungsi-fungsi dari apapun yang ada di tampilan aplikasinya dan bisa memahami setiap tombol di aplikasi tersebut.

Maksimalkan kemampuan, bertujuan untuk menggali potensi seni yang terpendam dalam dirimu. Dengan potensi tersebut, kamu akan lebih mudah dalam memahami dan membuat desain unik dengan ciri khas kamu sendiri. Dan inilah yang membuat harganya mahal.

Bergabung ke Grup/Forum Desain Grafis

Forum/grup desain grafis akan membawamu jauh lebih baik. Di forum banyak tips yang bersebaran. Kamu juga bisa bertanya-tanya bebas namun tetap memperhatikan tos forum tersebut akan tidak dibanned.

Selain itu, anggota forum akan merespon pertanyaan yang kamu tanyakan disitu. Biasanya setiap anggota akan menjawab dengan jawaban yang berbeda. Kadang ada jawaban yang ngawur, namun lebih banyak yang pro.

Bertemu dengan desainer pro tentunya akan menguntungkan karena kamu bisa belajar ilmu-ilmu yang mungkin sedikit orang yang mengetahui. Dari sinilah kamu akan mencapai peningkatan yang cukup drastis.

Menghapal Antar Muka Aplikasi

Nah ini adalah hal yang berhubungan dengam teknis. Jadi penghafalan antar muka aplikasi bertujuan untuk mempercepat proses belajar. Menghafal antar muka aplikasi akan menghemat waktu, karena saat mengerjakan atau membuat desain tidak akan bingung harus mengklik menu apa.

* * *

Ternyata cara menjadi desain grafis otodidak bagi pemula cukup mudah ya? Tunggu apa lagi untuk mempraktekkannya?


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment