Cara Menjadikan Kita Lebih Percaya Diri


caramenjadi.id - Anda tentu ingin dihargai oleh kerabat serta atasan di kantor serta memiliki perkembangan karir yang baik. Rasa percaya diri bersumber dari keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Orang yang percaya diri tidak akan mudah putus asa dan patah semangat sebab, ia ingin menunjukan kemampuannya. Tetapi, masih banyak orang yang merasa kurang percaya diri saat bekerja, mungkin karena mereka belum mempunyai pengalaman atau masih berstatus karyawan baru sehingga merasa belum memiliki kemampuan yang baik. Padahal jika Anda percaya diri di tempat kerja, Anda akan cenderung lebih tegas dan memiliki banyak inisiatif. Hal ini tentu juga akan menguntungkan perusahaan, karena kontribusi Anda akan lebih positif terhadap kemajuan bersama.

Hasil gambar untuk percaya diri

Tunjukkan Kelebihan
Setiap orang tentu mempunyai kelebihannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang pemalu serta pendiam, Anda dapat menunjukkan kelebihan dengan cara lain seperti ketelitian dan kecepatan kerja Anda. Fokuslah pada kelebihan, keterampilan dan bakat yang Anda miliki. Fokuskan pada ketiga hal tadi dibandingkan memikirkan segala kelemahan Anda. Ketika fokus pada kelebihan yang dimiliki, maka Anda akan lebih percaya diri dan dapat mendapatkan hasil yang lebih baik.

Minta Pendapat Orang Lain
Untuk mengetahui kemampuan dan kekurangan diri Anda, mintalah penilaian orang lain tentang tiga kekuatan besar diri Anda. Dr. Katharine Brooks, direktur Liberal Arts Career Services at The University of Texas di Austin berpendapat bahwa dengan mendapatkan umpan balik dari koelga, teman, atau atasan tentang bagaimana kualitas kerja, dapat mengidentifikasi kekuatan dan kekurangan Anda. Terkadang orang lain melihat bakat kita lebih dalam daripada diri kita sendiri, lho.

Ketahui Kemampuan Diri
Menurut seorang ahli personal branding, Arruda, salah satu cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan mengenali kekuatan Anda dan menemukan bagaimana caranya untuk mengintegrasikan kekuatan itu ke setiap apa yang Anda lakukan setiap hari. Jangan lupa ya, Anda diterima di perusahaan tempat Anda bekerja karena kualitas yang Anda miliki. Jadi hargailah kemampuan diri Anda dengan menunjukkan kinerja terbaik di tempat kerja.

Bangun Hubungan Baik Terhadap Orang Lain
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk membangun rasa percaya diri Anda di tempat kerja. Jika Anda menjalin hubungan baik, Anda akan lebih paham dengan siapa Anda bekerja, sehingga akan timbul rasa saling percaya dan tidak ada lagi alasan untuk saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat lebih memahami mereka jika ada tindakan kolega yang dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda.

Selalu Berpikir Positif
Dengan berpikir positif kita akan melakukan sesuatu tanpa beban pikiran, akan tumbuh rasa percaya diri. Oleh karena itu hilangkan lah pemikiran-pemikiran negatif yang ada pada diri. Kembangkan pikiran-pikiran positif yang akan mempengaruhi tindakan untuk menjadi pribadi  lebih baik lagi.

Menjadi Diri Sendiri
Setiap orang sudah diberikan oleh Tuhan kebaikan dan kelebihan, tidak perlu minder dengan kekurangan diri. Jadilah diri sendiri dengan melakukan yang terbaik, karena orang lain belum tentu lebih baik dari kita. Kita yang tahu apa yang terbaik untuk kita, oleh karena itu lakukan yang terbaik dan perbaiki diri serta mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik.

Nah itulah beberapa tips menjadikan kita Lebih Percaya Diri yang bisa Anda terapkan.
see yaaaahhh!!!



Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment