3 Kunci Menjadi Orang Sukses Menurut Pandangan Islam

3 Kunci Menjadi Orang Sukses Menurut Pandangan Islam

Kunci Sukses Menurut Islam - Setiap orang pasti ingin sukses baik di dunia maupun akhirat. Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menjadi orang sukses. Sukses sendiri tidak bisa dilihat hanya dalam satu sisi, tapi dalam banyak sisi. Berikut merupakan contoh "sukses" dalam kisah Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf adalah contoh yang  pas untuk dijadikan panutan, bagaimana cara beliau sukses sebagai diri sendiri, sukses sebagai saudara dalam keluarga, sukses sebagai pemimpin dan tentunya sukses untuk mengalahkan tipu daya setan yang ingin merusak hubungan kekeluargaan dengan saudaranya sendiri. Itulah yang dinamakan sukses sejati.

Dalam kisah di atas, kita mengetahui bahwa harusnya kita sukses dalam banyak sisi, sehingga yang ingin dituju tidak hanya materi, tetapi juga ketentraman hati dan inspirasi kebaikan.

Kunci keberhasilan/kesuksesan menurut Islam ada 3 (tiga). Apa sajakah itu?

1. Berprasangka Baik


Ciri-ciri orang sukses menurut Islam adalah selalu berprasangka baik kepada-Nya. Dalam Q.S Ash-Shood ayat 27 Allah Ta'ala berfirman yang artinya:

"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah (hanya sia-sia saja). Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akna masuk neraka..." (QS: Ash-Shood:27).

Di atas adalah salah satu kunci sukses menurut Al Qur'an. Jadi, kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah.

Apalagi, Allah Ta'ala akan memposisikan hamba sesuai dengan prasangkanya kepada-Nya. Berikut Hadistnya yang artinya:

"Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku." (Muttafaqun 'alaihi).

2. Mengusahakan Kebenaran dan Meninggalkan Kesalahan


Hadist tentang kunci kesuksesan yang diriwayatkan oleh Bukhari.

"Tahukah kalian, siapa yang disebut Mukmin? Pertanyaan Nabi Shalallahu 'Alaihi Wassallam ini dijawab sendiri: "Yang disebut Mukmin adalah orang yang membuat harta dan jiwa orang lain aman.

Sedangkan Muslim adalah orang yang membuat orang lain selamat dari perkataan dan perbuatannya.

Orang bermujahadah adalah orang yang senantiasa berjuang dalam keataan kepada Allah. Sedangkan orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan kesalahan dan dosa. (HR. Bukhari).

Imam al-Ghazali pernah bertutur, bahwa ada seorang ulama yang membiasakan dirinya untuk bersikap bijaksana, menghilangkan kebiasaan marah pada dirinya. Ia memaksa jiwanya untuk bersikap sabar setiap saat. Paksaan itu ia lakukan dengan keras, sampai ia benar-benar menjadi orang yang sabar dan bijak. Caranya dengan meniru setiap kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sabar.

3. Amanah


Apabila kita dipercaya memegang suatu amanah, maka jangan sekali-kali mengkhianatinya.

Rasulullah bersabda,

"Tiada iman pada orang yang tidak menunaikan amanah; dan tiada agama pada orang yang tidak menunaikan janji." (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban).

Dan dalam hadist yang lain;

"Tunaikan amanah kepada orang yang memberi amanah kepadamu, dan janganlah kamu mengkhianati orang yang mengkhianatimu." (HR. Ahmad).

Allah Subhanahu wata'ala berfirman dalam Q.S Al-Anfal ayat 27 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahui." (QS. Al-Anfal [8]:27). 

Hakikat sukses dalam Islam ada 3 (tiga), yang pertama kita harus selalu berprasangka baik kepada-Nya, kedua kita harus selalu mengusahakan kebenaran dan meninggalkan kesalahan, terakhir kita harus menjadi orang yang amanah, dan jangan sekali-kali mengkhianati amanah yang diberikan.

Baca juga: Cara Menjadi Orang Sukses Dari Nol

Demikianlah artikel berujudul 3 kunci menjadi orang sukses menurut pandangan Islam. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Ahsa - 6 Juli 2019


Newest
You are reading the newest post

1 komentar: